Tinjau Kebocoran Saluran Irigasi Subak Yeh Penet,Wabup Suiasa: Segera Perbaiki

  • Bagikan
Tinjau Kebocoran Saluran Irigasi Subak Yeh Penet,Wabup Suiasa: Segera Perbaiki
Wabup Suiasa saat meninjau saluran irigasi Subak Yeh Penet Desa Penarungan yang bertempat di lingkungan Banjar Bantas, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Rabu (19/8). Foto Humas Badung.
KEMBARA.ID, BADUNG – Guna mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan di Kabupaten Badung, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyatakan bahwa Pemkab Badung berkomitmen untuk membangun sektor pertanian salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kualitas infrastruktur pertanian.

Penegasan tersebut disampaikan Wabup Suiasa ketika didampingi Kepala Dinas PUPR IB Surya Suamba saat meninjau saluran irigasi Subak Yeh Penet Desa Penarungan yang bertempat di lingkungan Banjar Bantas, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Rabu (19/8).

Baca juga:

Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Atma Wedana di Griya Simpangan Manuaba Kuwum

Update Covid-19 Bali 19 Agustus 2020, Tidak Ada Pasien Meninggal Dunia

Terkuak, IDI Tak Satu Suara Terkait Rapid Test, M Nasser Tak Sepakat Jerinx Ditahan

Bayi Meninggal di RS Ari Canti Ubud, Ibunda Ungkap Fakta-fakta Memilukan Jelang Kelahiran Bayinya

Dikatakan bahwa kegiatan meninjau lapangan ini untuk membantu memperbaiki keberadaan saluran air sawah di Subak Penarungan setelah mendapatkan informasi dari Kelian Subak setempat.

“Saluran air di sini akan kita perbaiki bahkan harus dilakukan revitalisasi.

Jadi sepanjang alur terowongan 3 Km ini akan dibuatkan perencanaan yang komprehensif, kita buatkan sebuah kepastian dalam ketersediaan air sawah sehingga petani kita memiliki jaminan ke depan,” katanya.

Menurut Suiasa kalau hal tersebut sudah dipenuhi maka tujuan mewujudkan kedaulatan pangan di Badung dapat terwujud sehingga masyarakat petani di Kabupaten Badung, memiliki prospek yang bagus.

“Inilah komitmen kita untuk membangun sektor pertanian di Kabupaten Badung. Jadi salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kualitas infrastruktur pertanian itu sendiri” ungkapnya seraya menegaskan bahwa perbaikan saluran irigasi di seluruh subak di Kabupaten Badung akan tetap diprioritaskan kedepannya.

Disisi lain Kadis PUPR IB Surya Suamba menjelaskan sebenarnya saluran irigasi teknis ini merupakan wilayah saluran dari Balai Sungai yang memang kondisinya ada terowongan dan ada pula saluran terbuka yang merupakan peninggalan dari zaman Belanda.

  • Bagikan