Sarang KKB Terbengis di Kawasan Segitiga Hitam Papua, Medan Berat Pertempuran Polri/TNI Hadapi KKB

  • Bagikan
Sarang KKB Terbengis di Kawasan Segitiga Hitam Papua, Medan Berat Pertempuran Polri/TNI Hadapi KKB
Sarang KKB Terbengis di Kawasan Segitiga Hitam Papua, Medan Berat Pertempuran Polri/TNI Hadapi KKB

KEMBARA.ID, PAPUA-Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Pemerintah RI menghuni kawasan yang menjadi medan berat bagi aparat Polri/TNI dalam memburu mereka.

Kawasan tersebut berada di pegunungan tengah Papua. Lokasi tersebut bernama Kawasan Segitiga Hitam yang dihuni atau menjadi sarang kelompok-kelompok terbengis atau bersifat keras tanpa belas kasihan terhadap manusia.

Seperti dilansir Kembara.id, dari kompas tv, Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengungkapkan pihaknya menemukan adanya tiga kabupaten yang kini dikuasai KKB Papua secara kejam yakni Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Lanny Jaya.

Baca juga:

Kejar-kejaran Bak Film Action, Pemudik Terobos Water Barrier, Nyaris Lukai Polisi

Tiga Kabupaten ini, dihuni sejumlah KKB Papua. Lokasinya berada Pegunungan tengah Papua.

Untuk diketahui,  TNI akan segera mengirimkan 500 pasukan Yonif Raider Khusus 751/VJS sebagai Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di Papua.

Ratusan pasukan Raider Khusus 751/VJS ini akan berhadapan dengan KKB Papua yang semakin beringas akhir-akhir ini.

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan dalam sambutannya meminta agar mereka mampu mengalahkan OPM tanpa perang.

Baca juga:

Tolak Layani Hubungan Badan, Leher Istri Ditusuk dengan Pisau Dapur, Sempat Beri Perlawanan

Dikutip dari Surya.co.id, melansir dari Wikipedia, Yonif Raider Khusus 751/VJS adalah Batalyon Infanteri berkualifikasi Raider Divisi Infanteri 3/Kostrad.

Sebelumnya batalyon ini bernama Yonif 751/Vira Jaya Sakti.

Yonif 751/Raider diresmikan pada 14 Agustus 1964.

Satuan ini bermarkas di Sentani, Jayapura, Papua, dengan Kompi D berkedudukan di Doyo, Kabupaten Jayapura, dan Kompi E di Skamto, Kota Jayapura.

Pada tanggal 4 November 2014 Yonif 751/Vira Jaya Sakti melakukan Latihan Pemantapan Raider Yonif 751/Raider guna melaksanakan tugas Operasi yang bersifat khusus yaitu : Teknik Driil Kontak, Infiltrasi, eksfiltrasi, Mobud, Ralasuntai, Raid Baswan, Raid Penghancuran, yang diikuti 400 orang prajurit.

  • Bagikan