Presiden Jokowi Minta Warga Lakukan ini Jelang Idulfitri

  • Bagikan
Presiden Jokowi Minta Warga Lakukan ini Jelang Idulfitri
Presiden RI Joko Widodo (foto covid19.go.id)
KEMBARA.ID,JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta warga tetap displin menjalankan protokol kesehatan secara ketat jelang hari raya Idulfitri 1441 H.

Mantan Walikota Solo ini menyatakan kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 di Indonesia yakni kedisiplinan seluruh pihak dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran Covid ini adalah kedisiplinan kita. Kedisiplinan mencuci tangan, menjaga jarak aman, mengenakan masker, dan menghindari keramaian atau konsentrasi massa,” kata Presiden RI Jokowi saat pimpin rapat terbatas persiapan Idulfitri 1441 H lewat telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/5/2020) seperti dilansir covid19.go.id.

Presiden Jokowi meminta agar warga disiplin menjalankan protokol kesehatan selama berada di lapangan, apalagi menjelang hari raya Idulfitri.

“Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idulfitri dan pada saat nanti hari raya Idulfitri,” ujarnya.

Ia juga menitik berat pada social distancing atau pengaturan jarak antar warga di tengah keramain massa sesuai protokol kesehatan yang diterapkan.

Petugas di lapangan jangan pernah berhenti mengingatkan warga terkait hal -hal ini.

“Saya ingin ini dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, memakai masker, dan petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Ibadah Sesuai Protokol Kesehatan

Kementerian Agama mengimbau agar umat beragama tetap menjalankan ibadah sesuai protokol kesehatan.

Hal ini juga diingatkan Presiden Jokowi.

Sekaligus ia menerangkan bahwa Pemerintah RI tidak melarang warga beribadah.

“Pemerintah tidak melarang untuk beribadah, justru pemerintah melalui Kementerian Agama mendorong agar setiap umat beragama meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya masing-masing. Yang kita imbau, yang kita atur, adalah peribadatan yang dilakukan sesuai protokol kesehatan,” jelas Presiden Jokowi.

Ia juga berterima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas Islam yang telah mendukung pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19.

Pemerintah merasa sangat terbantu dan mengapresiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliah (amal) umat selama wabah Covid-19.

  • Bagikan