Irjen Anang Revandoko: Bharatu Komang Wira Gugur, Kemarin Jenderal Putu Danny juga Gugur, Kita Cuma Mau Papua Damai Saja

  • Bagikan
Irjen Anang Revandoko: Bharatu Komang Wira Gugur, Kemarin Jenderal Putu Danny juga Gugur, Kita Cuma Mau Papua Damai Saja
Irjen Anang Revandoko: Bharatu Komang Wira Gugur, Kemarin Jenderal Kita juga Gugur, Kita Cuma Mau Papua Damai Saja

KEMBARA.ID- Rasa duka mendalam begitu terasa saat upacara pelepasan jenazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha, di Markas Brimob Batlayon B Polda Papua, di Mimika, Rabu (28/4/2021).

Upacara tersebut dipimpin Kepala Korps Brimob Polri, Irjen Polisi Anang Revandoko.

Upacara tersebut dihadiri oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjen TNI Agus Rohman dan Kepala Satuan Operasi Nemangkawi Brigjen Polisi Royke Harry Langi.

Baca juga: Misteri Sosok Mayat Tanpa Kepala di Sungai Petanu Gianyar, Keluarga Komang Ayu: Sebulan Kami Cari di Lokasi Itu, Tak ada Mayat

Dalam kesempatan itu, Anang menyampaikan Polri memberikan penghormatan terhadap Komang Wira yang gugur saat menjalankan tugas memberantas KKB di Tanah Papua.

Baca juga: DRAMATIS, Helikopter Pengangkut Jenazah Bharada Komang Diberondong Peluru

Untuk itu, Polri memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat dari Bharada menjadi Bharatu (anumerta) pada Komang Wira.

Ia menyampaikan, TNI dan Polri mengalami duka yang mendalam hanya dalam beberapa hari.

Sebelumnya, kabar duka datang dari TNI dimana, Kabinda Papua Brigjen TNI Putu Danny gugur dalam baku tembak dengan KKB Papua.

Baca juga: Jasad Tanpa Kepala Ditemukan di Sungai Petanu, Wayan Sumirat: Dari Celananya, Kami Yakin Itu Komang Ayu

Belum usai duka itu, kabar duka kembali datang, Bharatu Komang Wira juga gugur dalam baku tembak dengan KKB Papua.

Kebetulan kedua korban juga merupakan putra terbaik Bali.

“Bharatu Komang gugur. Kemarin Jenderal kita (Kabinda Papua) juga gugur. Sekarang ada dua anggota kita juga, prajurit Brimob sejati yang sedang dirawat di rumah sakit. Inilah kehadiran negara di tanah yang damai, di Papua. Kita semua inginkan damai di Papua, itu saja,” ungkap Anang dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditembak Kapal Asing? TNI AL Angkat Bicara

Jenazah Bharatu Komang Wira kemudian diberangkatkan ke Palembang, Sumatera Selatan, menggunakan pesawat Batik Air dari Bandara Mozes Kilangin Timika. Sesuai rencana, jenazah akan dikremasi lalu dingaben di Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang II, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan pada Minggu (2/5/2021).(*)

  • Bagikan