Gubernur Bali: Pemerintah Pusat Harap Bali jadi Provinsi Pertama Akhiri Covid-19 di Indonesia

  • Bagikan
Gubernur Bali: Pemerintah Pusat Harap Bali jadi Provinsi Pertama Akhiri Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi SWAB Test.
KEMBARA.ID, DENPASAR – Gubernur Bali I Wayan Koster, menyampaikan pemerintah pusat telah memantau perkembangan penanganan Covid – 19 di Bali. Mereka memberi apresiasi kepada seluruh pihak di Bali.

Harapan pemerintah pusat, Provinsi Bali menjadi daerah pertama di Indonesia yang mengakhiri pandemi Covid – 19 di negara ini.

“Pemerintah Pusat melalui Bapak Menko Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Pandjaitan) telah memonitor penanganan COVID-19 di Bali, bahkan sudah dibahas dalam Rapat Kabinet dan dilaporkan kepada Bapak Presiden. Beliau menyampaikan bahwa penanganan COVID-19 di Bali sudah berjalan dengan baik, ” kata Gubernur Koster dalam laporan perkembangan penanganan Covid – 19 Bali, Senin (4/5/2020).

Koster mengatakan, karena itu, pemerintah pusat mengarahkan agar, provinsi Bali terus meningkatkan penanganan Covid – 19 di Bali.

” Beliau memberi arahan dan menugaskan saya sebagai Gubernur dan Ketua Gugus Tugas Provinsi Bali agar penanganan COVID-19 semakin baik dan terus ditingkatkan sehingga diharapkan Bali akan menjadi Provinsi pertama yang pandemi COVID-19 bisa berakhir,” tegas Koster.

Koster menjelaskan, berbagai kebijakan dan upaya dalam penanganan COVID-19, sampai saat ini telah menunjukkan hasil yang nyata dengan memakai tiga indikator penting.

Pertama, rata-rata penambahan pasien positif COVID-19 per hari, Bali sebanyak 7 orang (peringkat terendah keempat), lebih rendah daripada DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Banten. Data menunjukkan bahwa pasien positif COVID-19 sebagian besar bersumber dari PMI/ABK sebanyak 54%, transmisi lokal Bali sebanyak 36%, daerah luar Bali sebanyak 7%, dan WNA sebanyak 3%. Sedangkan kasus di provinsi lain, pasien positif sebagian besar merupakan transmisi lokal.

Ia menambahkan, persentase kesembuhan pasien positif COVID-19, Bali mencapai sekitar 58.67% yang paling tinggi di Indonesia dan berbeda jauh daripada 9 Provinsi lainnya, bahkan jauh diatas rata-rata Nasional (16.86%) dan Global/Dunia (32.10%). Di Bali, rata-rata lama perawatan pasien positif COVID-19 sampai sembuh adalah selama 13 hari, masa perawatan paling cepat selama 3 hari, dan paling lama 39 hari (untuk kasus berat)

  • Bagikan